Selasa, 31 Juli 2007

Tips Sukses Menulis Email Marketing

Tips Sukses Menulis Email Marketing

Oleh : Joko Setiawan

Membuat dan mengirim sebuah e-Mail marketing sangatlah mudah dan cepat, tapi yang menjadi masalah adalah apakah E-mail yang Anda kirim di buka dan di baca oleh penerimanya? Sungguh tidak ada artinya Anda mengirim e-mail keribuan orang jika tidak ada satupun yang berminat untuk membaca atau setidaknya membuka e-mail tersebut.

Berikut beberapa tips agar e-mail marketing Anda di buka dan di baca :

#). Subyek e-mail merupakan hal terpenting. Subject email haruslah menarik agar penerima memiliki ketertarikan atau rasa ingin tahu untuk membuka dan membaca e-mail marketing anda. Jika subyek e-mail Anda tidak menarik, e-mail Anda tidak akan pernah di buka oleh penerimanya dan bahkan akan langsung di delete terutama jika penerimanya sama sekali tidak kenal dengan anda.

#). Subyek atau judul e-mail adalah seperti sebuah headline sebuah surat kabar yang akan menarik minat seseorang untuk membacanya dan menjadi prospek yang bagus. Menulis sebuah subyek e-mail bisa menjadi sebuah seni dan ilmu yang menarik. Belajarlah untuk membuat subject email marketing dan bayangkan anda sebagai orang lain dan tanyakan apakah anda akan tertarik untuk membuka email dengan subject yang telah anda buat.

#). Subyek email jangan mengandung kata-kata yang ada dalam daftar spam atau mirip spam agar lolos dari filter spam dan tidak terkirim ke folder trash. Selain itu gunakan subyek e-mail yang wajar dan masuk akal. Subject email yang terlalu Boombastis dan tidak masuk akal membuat orang tidak akan percaya.

#). Subject email yang baik adalah yang pendek dan jelas, menarik dan membuat orang ingin tahu isinya (penasaran), bersifat personal atau tertuju pada seseorang. Tidak mengandung kata kata yang ada dalam daftar filter spam atau yang di duga mirip spam seperti free, dollar, dan lainnya. Unik atau berbeda dengan subyek e-mail kebanyakan meski yang di tawarkan sama persis, khususnya untuk promosi bisnis afiliasi, tidak mengunakan simbol pada subyek seperti ! ? * # $ dan lain-lain

#). E-mail untuk mengirim email marketing sebaiknya mengunakan nama alamat e-mail yang 'valid' atau bukan alamat email yang acak seperti 1bdh34776@yahoo.com ,gunakan alamat e-mail yang baik seperti nickname atau nama asli Anda atau nama panggilan Anda.

#).Isi E-mail yang baik mudah di baca dan ringkas. Usahakan e-mail Anda tidak lebih dari 65 karakter perbaris dan per paragraf maksimal 5 baris saja. Selain itu berilah jarak minimal satu baris per paragraf. Jika e-mail Anda tidak terstuktur dengan rapi orang akan malas membaca e-mail Anda dan sia-sialah penawaran Anda.

#).Isi E-mail yang terlihat berantakan dan sesak akan membuat orang malas membacanya apalagi jika teks penjelasan penawaran anda cukup panjang. Karena itu buatlah isi email anda rapi, ringkas, dan buatlah paragraf demi paragraf anda pendek dengan jarak yang longgar dengan paragraf di atasnya.

Selamat berpromosi......

 

Tentang penulis:
Joko Setiawan seorang Internet Marketer. Suka menulis tentang pemasaran di Internet lewat blognya di http://belajaronmarketing.blogspot.com

Disclaimer:
Anyone may republish this article in their e-zine, e-book, blog, web site, magazine or newsletter, as long as the URL or resource box is included.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

ya.. 2 th sudah saya memasarkan produck dengan email marketing..
www.hottipsmarketing.blogspot.com