Kamis, 31 Januari 2008

Bahaya bersikap Pesimis

Bahaya bersikap Pesimis

Bersikap pesimis memang tidak pernah menguntungkan. Ada beberapa catatan sejarah yang menunjukkan bahwa banyak juga orang besar atau para ahli pada masa lalu yang sebenarnya adalah orang-orang yang memiliki sikap optimis, ternyata pernah juga menunjukkan sikap pesimis akan impian atau akan sesuatu cita-cita yang saat itu memang dianggap tidak masuk akal atau tidak mungkin.

Dikemudian hari mereka pasti merasa malu dengan sikap pesimis yang pernah mereka lontarkan karena hal yang sebelumnya mereka sangsikan atau mereka pikir tidak mungkin, akhirnya justru menjadi kenyataan yang terwujud. Apa yang sebelumnya dinilai mustahil ternyata bisa menjadi sebuah kenyataan yang luar biasa.

Berikut ini beberapa catatan diantaranya;

"Telepon, tidak bisa dipertimbangkan sebagai alat komunikasi. Alat ini tidak ada nilainya bagi kita." (Memo rapat di Western Union, 1876.)

"Kotak musik tanpa kabel, tidak ada bayangan tentang nilai komersilnya. Siapa yang mau bayar untuk pesan yang dikirim nggak jelas kepada siapa?" (Rekan David Sarnoff mengomentari niatnya untuk berinvestasi di bisnis radio, 1920-an.)

"Siapa sih yang mau mendengarkan seorang aktor berbicara?" (HM Warner, Warner Bros, sesaat sebelum berakhirnya era film bisu, 1927.)

"Kami tidak suka suaranya. Lagian musik dengan gitar akan segera berakhir" (Decca Recording Company menolak The Beatles, 1962.)

"Mesin terbang yang lebih ringan dari udara itu mustahil." (Lord Kelvin, presiden Royal Society, melecehkan wacana manusia bisa terbang, 1895.)

"So we went to Atari and said, 'We've got this amazing thing, even built with some of your parts and what do you think about funding us? Or we'll give it to you. We just want to do it. Pay our salary, we'll come work for you.' They said 'No'. Then we went to Hewlett-Packard; they said, 'We don't need you. You haven't got through college yet'." (Pendiri Apple Computer Steve Jobs saat menawarkan komputernya kepada Atari dan HP.)

"Mengebor untuk minyak? Maksudmu mengebor ke dalam tanah dan mencoba untuk menemukan minyak? Gila kamu." (Ahli bor yang diminta Edwin L Drake untuk menjalankan proyek pengeboran minyak yang pertama, 1859.)

"640K mestinya cukup untuk siapapun." (Bill Gates, Microsoft, mengomentari memori komputer, 1981.)

"Kamu tidak akan kemana-mana nak. Kamu akan kembali menyupir truk." (Jim Denny, Grand Ole Opry, menolak Elvis Presley setelah penampilan pertamanya.)

"Maaf tuan Kipling, Anda tidak tahu bagaimana harus berbahasa Inggris." (Editor San Francisco Examiner, menolak cerpen dan puisi Rudyard Kipling.)

"Komputer masa depan beratnya tidak akan lebih dari 1,5 ton." (Majalah Popular Mechanics, meramalkan kemajuan komputer, 1949.)

"Saya rasa, ada pasar dunia untuk lima komputer." (Thomas Watson, chairman IBM memprediksi pasar komputer dunia, 1943.)

"Tapi, apa bagusnya?" (Insinyur di Advanced Computing Systems Division of IBM, mengomentari penemuan micro chip, 1968)

"Tidak ada alasan mengapa orang harus punya komputer di rumahnya." (Ken Olson, pendiri Digital Equipment Corp, 1977.)

"Pesawat udara itu mainan yang bagus, tapi tidak ada gunanya untuk militer". (Marechal Ferdinand Foch, profesor strategi militer, sebelum pesawat tempur diciptakan.)

catatan sejarah yang lain;

Sejarah membuktikan !

Tahun 1895 Lord Kelvin (ahli matematika Inggris dan ahli fisika, president of the British Royal Society), membuat fatwa : Mesin terbang yang beratnya lebih besar dari udara adalah mustahil.

Tomas Edison di tahun yang sama (1895) juga sudah angkat tangan mengatakan "Semua kemungkinan untuk pembuatan pesawat terbang sudah sangat melelahkan, sekarang saatnya kita berpikir untuk hal yang lain".

Manusia tidak akan bisa terbang dalam limapuluh tahun kedepan, kata Wilbur Wright kepada saudaranya Orville Wright tahun 1901

dan,

Di tahun 1903, Wright bersaudara TERBANG !!

Kesimpulannya :

- Jangan bilang tidak jika kita belum mencoba
- Jangan pesimistis karena "imposible is nothing"
- Impian yang tidak masuk akalpun ternyata bisa terwujud
- Jangan dengarkan kata-kata orang yang melemahkan semangat Anda
- Jika anda optimis dan terus mencoba anda pasti bisa

Salam SUKSES Penuh SEMANGAT.. :)

Joko Setiawan
surgaweb at gmail dot com
085643791942
http://belajaronmarketing.blogspot.com

0 komentar: