Kamis, 21 Februari 2008

Bagaimana berpromosi Efektif di Internet

Bagaimana berpromosi Efektif di Internet?

Promosi adalah bagian yang tak terpisahkan dari suatu bisnis. Baik di internet maupun bukan. Internet membuat promosi menjadi mudah dan murah. Persoalannya, banyak yang belum memahami cara berpromosi paling efektif di internet, sehingga tidak saja biaya yang dikeluarkan menjadi lebih besar, bahkan beresiko terkena perkara karena pelanggaran etika ataupun aturan-aturan berinternet.

Internet adalah 'ladang emas'. Asal kita tahu cara 'mendulangnya', 'sumber emas' internet tiada pernah ada habisnya. Di masa-masa awal internet, banyak yang 'sukses' mendapatkan penghasilan hanya dengan berkirim email sebanyak mungkin. Saat itu (pun juga saat ini) bahkan tersedia banyak software yang mampu mengirimkan ratusan ribu email dalam sekejap. Saat ini, cara tersebut dikategorikan sebagai email spamming yang bisa berakibat pada sangsi pencabutan account email, black list sampai ke tuntutan hukum.

Kalau begitu, bagaimana cara promosi yang paling efektif tanpa melanggar aturan?

Sebelumnya, beberapa hal harus benar-benar dipahami soal berpromosi di internet ini.

Anda perlu terlebih dahulu memiliki 'tempat bisnis' di internet untuk produk atau jasa yang akan anda promosikan. 'Tempat bisnis' ini sangat beragam dari sisi harga dan kelebihan-kelebihannya. Saya akan membahas soal ini di lain tulisan.

Anda tidak boleh berkirim email ke seseorang tanpa terlebih dahulu mendapat ijin darinya.

Pada umumnya orang tidak akan dengan seketika membeli produk saat pertama ia bersentuhan atau mengenal produk tersebut. Anda perlu sistem 'tindak lanjut' untuk memastikan bahwa produk andalah yang dibeli pada saat orang tersebut berketetapan hati untuk membelinya.

Promosi yang efektif adalah promosi yang mengenai sasaran dengan biaya yang minimal. Orang mengistilahkannya targeted marketing. Sebagian besar internet marketer beranggapan bahwa promosi di internet yang paling efektif saat ini adalah promosi dengan menggunakan Pay Per Click Search Engine. Lebih tepatnya lagi menggunakan Google Adwords.

Permasalahannya, meskipun kita dapat segera menggunakan Google Adwords dengan murah (pendaftaran hanya Rp. 50.000,00), banyak usaha yang harus kita lakukan agar efektifitas promosi sesuai dengan yang kita inginkan.

Apapun alat promosinya (jangan coba-coba membeli iklan banner. Mahal dan tidak "targeted"), 'tempat' jualan tetap menjadi faktor yang paling menentukan efektifitas promosi di internet. 'Tempat' yang anda inginkan dikunjungi (calon) pembeli ini, harus mampu memberikan informasi yang diinginkan si pengunjung. Di 'tempat' ini pula anda perlu memasang fasilitas untuk orang mendaftar dan mengijinkan dirinya anda kirimi email. Fasilitas ini nantinya yang akan bertindak sebagai 'kurir' untuk setiap email yang anda ingin sampaikan ke daftar pelanggan anda.

Oleh karena anda memiliki URL bisnis yang bisa dikunjungi, anda bisa menggunakan berbagai cara agar pengunjung mau datang, di luar cara promosi PPC di atas.

Inilah cara yang bisa anda tempuh:

  • Berpromosi di situs-situs yang khusus disediakan untuk pemasangan iklan.
  • Berkirim artikel ke beberapa situs-situs penyedia artikel dengan menyertakan alamat 'tempat bisnis' di dalam resource box.
  • Bertukar link.
  • Menuliskan alamat URL bisnis web anda di semua tempat atau ruangan yang memungkinkan.
  • Mengirimkan alamat URL bisnis web ke beberapa situs direktori.
  • Aktif di forum-forum diskusi online. (jangan lupa dengan Signature, dan aturan-aturan forum).'
  • Dan masih banyak lagi

Sekali lagi, jangan lupa bahwa tujuan dari cara-cara di atas adalah agar pengunjung datang dan anda dapatkan alamat emailnya. Mengapa? Karena alasan yang saya ungkap di atas. Anda perlu 'menindaklanjuti' kunjungan pertama untuk mendapatkan penjualan yang anda harapkan. Tindak lanjut ini dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan alat autoresponder.

Sumber: http://bisnisweb.blogspot.com

0 komentar: