Jumat, 15 Februari 2008

Pemasaran Online dengan Google dan Yahoo!

Pemasaran Online dengan Google dan Yahoo!

Saat ini jalur internet telah dipilih oleh banyak pebisnis sebagai sarana memasarkan produk-produk mereka. Para pebisnis ini mengganggap bahwa internet sebagai salah satu pasar baru yang sangat potensial. Mereka berbondong-bondong membangun website yang digunakan sebagai etalase toko online mereka.

Tetapi, banyak dari mereka yang meninggalkan toko online-nya karena tidak menemukan adanya pengunjung bahkan pembeli. Hal utama dari menjual produk adalah pemasaran. Di dunia internet, model pemasarannya berbeda dari pemasaran biasa. Mengapa? Karena internet merupakan jaringan yang menyatukan ekonomi, social dan budaya yang disatukan oleh teknologi.

Kita semua mungkin cukup mengenal dengan mesin yang namanya Google & Yahoo! Sebuah kata yang melekat dibenak puluhan juta pengguna internet di seluruh dunia. Bagi banyak orang, Google & Yahoo! Adalah perhentian pertama ketika mereka melakukan pencarian di belantara internet. Google & Yahoo adalah fenomena luar biasa dalam bisnis internet. Ide dan gagasan mereka sangat berdampak luar biasa terhadap perkembangan bisnis di internet. Orang berlomba lomba memanfaatkan mereka (Google & Yahoo!) menjadikan tools efektif dan efisien dalam mendukung laju bisnis online tiap orang yang berbisnis di internet.

Bagaimana perjalanan di bisnis online ini? Banyak cerita kesuksesan dan keterpurukan seputar bisnis di internet. Coba kita memfokuskan dari apa yang dimiliki oleh Google & Yahoo! Apa yang bisa kita dapat dari mereka? Apakah perlu mempunyai website dalam berbisnis online? Bagaimana kita mengetahui laju bisnis kita disana? Apakah mesin mesin tersebut dapat menjadi tenaga penjual kita yang handal. Mengapa tidak? dan masih banyak lagi pertanyaan mengenai 2 mesin ini (Google & Yahoo!)

Perlu kita ketahui bahwa banyak yang GAGAL dan BERHASIL di bisnis online ini. Apa yang menyebabkan gagal dan berhasilnya seseorang dalam berbisnis di internet ini. Banyak faktor! Tetapi yang harus di ingat adalah bahwa banyak orang melupakan unsur terpenting dalam memanfaatkan mesin mesin tersebut (Google & Yahoo!) dalam berbisnis online yaitu MARKETING!

Marketing di Internet harus diketahui dan difahami secara baik oleh pebisnis online. Dari beberapa tools yang telah ada di internet, kita harus memahami dan mengenal dengan baik mereka, seperti Google & Yahoo! Mereka mempunyai tools dan fasilitas terbaik saat ini dalam mendukung bisnis online Anda.

Yang menjadi tugas kita sekarang sebagai pebisnis online maupun online marketer adalah: "Bagaimana Memanfaatkan Google & Yahoo! Menjadi Sales Tools yang Handal?".

Ada ungkapan di dunia internet "isi adalah segala-galanya", ini yang mendasari pembuatan website. Tetapi apakah isi tersebut benar-benar yang menentukan?

Ambil contoh, saya bisa menjadi seorang web desain terbaik di dunia, atau saya punya website tutorial paling menarik di dunia, tapi apa yang terjadi kalau tidak ada seorangpun di dunia yang mengetahui keberadaan kita? Karena itulah mengapa sangat penting memikirkan bagaimana menjual diri kita dan produk kita. Jadi isi bukan lagi segala-galanya, tetapi ada yang lain yaitu pemasaran atau marketing.

Pernah ada perdebatan mengenai mana terpenting, apakah internet marketing atau isi dalam website? Akan tetapi telah banyak yang membuktikan bahwa sangat mungkin untuk memiliki website yang sukses dengan banyak pengunjung dan pembeli hanya dengan sedikit isi website dan banyak marketing. Dengan memberikan isi/produk/layanan yang terbaik (dan menyeimbangkannya dengan pemasaran) dapat memperpanjang umur usaha kita.

Google & Yahoo! Menyediakan tools tools itu semua, untuk menyeimbangkan apa yang harus dilakukan dalam berbisnis di internet. Mulai dari bagaimana membuat online storenya dan memasarkannya. Belum ada budget membuat website maupun sudah mempunyai website, Anda bisa berjualan di internet.

Manfaatkan Google & Yahoo! Secara maksimal!

sumber: seokita.com

2 komentar:

HASIM SUBNI mengatakan...

mas saya mau tanya bagaimana cara memasarkan produk kerajinan misalkan konveksi tapi saya di sini sebagai makelar karena saya tidak punya alat atau pun karyawannya tetapi saya ingin sekali memasarkan hasil kerajinan konveksi ini bisa keluar negeri dan sekaligus proses cara pembayarannya

believe2universe mengatakan...

saya ingin bertanya..
bagaimana pendapat anda tentang perkembangan toko buku online di indonesia?
bagaimana presentasenya terhadap toko buku tradisional (brick and mortar stores)?

thx..