Kamis, 06 September 2007

10 Kesalahan penting startegi pemasaran di Internet

10 Kesalahan penting startegi pemasaran di Internet

1. Mengunakan layanan hosting GRATIS. Memang hosting gratis kalau tidak dimanfaatkan sayang sekali. Namun kalau anda serius dengan bisnis online anda. Mengapa tidak melakukan investasi? Beberapa masalah dari "Hosting Provider Gratis" adalah download timenya yang lama, sedang impresi yang pertama memegang peranan penting bukan?

2. Terlalu banyak grafis, animasi, java, Flash dan musik / audio, dll. Fungsi situs web perusahaan anda adalah untuk menjual produk dan servis anda. Bukan untuk menghibur para pengunjung situs web anda. Jadi segala sesuatu untuk mengalihkan perhatian mereka harus di hindari.

3. Tidak meminta, dan bertindak berdasar masukkan. Mendengar adalah lebih baik daripada berbicara. Karena itu berupayalah meminta masukkan (feedback) baik via situs web ataupun via e-mail. Ingat prospek anda adalah orang yang membeli produk dan servis anda, dan apapun yang anda pikir, persepsi mereka mengenai situs dan bisnis anda adalah yang terpenting yang membuahkan penjualan.

4. Membuang waktu untuk aktivitas yang tak produktif. Sebagai seorang pemasaran, aset yang paling berharga adalah waktu. Karena itu evaluasi, pekerjaan mana yang rutin, dan mana yang bukan, yang rutin, bisakah di buat otomatis, soal manajemen komunikasi e-mail beserta follow-up-nya, sebaliknya dari pada mengirim e-mail yang sama terus menerus, anda bisa mengotomatisasikan hal ini.

5. Tidak mengatur komunikasi e-mail secara effisien. Belajarlah teknik menulis 'copywriting' yang hidup dan persuasif. Karena Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk memberikan impresi pertama kepada calon prospek yaitu dengan segera menjawab email si penanya.

6. Tidak membuat atau membangun opt-in database e-mail Awas! Ini kesalahan serius! Jika anda tidak berupaya membangun opt-in e-mail database untuk melakukkan kontak reguler dengan prospek dan kustomer Anda melalui e-mail, bisnis Anda hanya akan seperti membuang-buang uang saja. Karena hal itu sama seperti Anda tidak meminta dan bertukar kartu nama dengan calon prospek Anda yang kemudian dapat Anda follow-up.

7. Reputasi hancur karena promosi yang salah. Belum lengkap kalau Saya tidak memasukkan bahwa "SPAMMING" adalah salah satu kesalahan lain dalam strategi pemasaran di Internet. Ini adalah kesalahan terbesar. Ini termasuk mempromosikan produk dan bisnis perusahaan Anda terang-terang ke salah satu forum online yang tidak relevan dengan industri Anda, atau forum online yang tidak memperbolehkan promosi blak-blakan. Jika Anda berbisnis tetapi mengabaikan masalah moral, maka bisnis Anda beresiko besar!.

8. Lupa bahwa "Marketing" adalah kunci untuk berhasil. Ada dua hal yang Anda harus lakukkan agar sukses di bisnis Internet dan itu harus dilakukkan secara teratur dan tetap tentu. Pertama, Anda harus mengembangkan kerangka bisnis yang menguntungkan. Kedua, Anda harus memiliki produk yang unik dan metode pemasaran yang mendatangkan penjualan, kemudian sering melakukkan evaluasi terhadap strategi pemasaran online Anda. 'Marketing' adalah aliran darah dari bisnis Anda.

9. Menyangka sukses dalam berbisnis di Internet sangat mudah. Sikap mental cepat kaya melalui Internet pernah sangat populer, jika Anda percaya itu maka ... Awas bisnis Anda! Tidak ada hal yang rahasia, dan tidak ada yang mistik dalam hal mencari uang di Internet. Anda membutuhkan kerja keras, cekatan dan kecerdikan, dan sukses akan mengikuti Anda.

10. Tidak paham akan manfaat Internet sesungguhnya Internet adalah sarana komunikasi. Untuk itulah diciptakan, Anda akan berhasil kalau Anda dapat memanfaatkan kekuatan komunikasi tersebut. Belum pernah ada bisnis semudah dan sehemat untuk menjangkau prospek dan kustomer selain Internet. Dan mungkin tidak ada lagi. Maka manfaatkan kekuatan komunikasi dari Internet. Jangan lupa komunikasi yang baik membutuhkan keterampilan dalam membuat tulisan yang hidup baik di e-mail maupun di situs web anda.

Sumber: majalah InfoNET

0 komentar: