Senin, 17 September 2007

Persiapan Penting Untuk Memulai Bisnis Online

Persiapan Penting Untuk Memulai Bisnis Online

Saya beberapa kali mendapatkan email pertanyaan dari netter yang tertarik untuk terjun di Internet marketing/memulai bisnis online tapi tidak tahu harus mulai dari mana?. Karena itulah saya pun memposting artikel ini.

Apa saja yang perlu Anda lakukan untuk memulai Bisnis Online/internet marketing? berikut ini beberap hal penting yang harus dipersiapkan. Berdasarkan pengalaman saya selama ini.

1. Siapkan rekening di BCA. Ini langkah awal yang harus dilakukan. Karena rek Bank BCA Anda ini diperlukan untuk menampung income Anda dan untuk melakukan transaksi bisnis setiap saat. Atau untuk mencairkan cek jika yang anda ikuti adalah "bisnis dollar" seperti Google Adsense.

Bagaimana dengan bank lain? Apa harus buka rek di BCA? Tidak harus, tapi demi kelancaran bisnis online Anda, Saya sarankan untuk memiliki rek di BCA. Karena banyak kelebihan dan kemudahannya dibandingkan rek Bank lainnya. Sekali lagi ini berdasarkan pengalaman saya lho.

2. Sebaiknya miliki Akses Internet di rumah, kalau bisa jangan pakai "warnet". Karena akan banyak data yang harus disimpan atau alat marketing yang harus Anda install, Anda akan kesulitan dengan hal ini jika melakukannya di warnet. Tapi jika yang anda ikuti adalah "bisnis mudah" dan sederhana seperti bisnis ini bolehlah untuk sementara pakai "warnet" dulu sambil ngumpulin dana buat nanti buka akses internet di rumah.

3. Mengerti bagaimana cara mengoperasikan komputer. Tidak perlu jadi "Savvy" atau ahli komputer... tapi paling tidak tahu cara kirim email, browsing, copy/paste. Pokoknya tahu "basic" tentang komputer dan internet itu sudah cukup.

4. Sebaiknya MENGERTI Bahasa Inggris, apalagi jika binis yang dijalankan itu adalah bisnis "international". Tidak perlu jago kaya bule... hehe.. yang penting "mengerti" kalau baca bahasa Inggris, itu sudah cukup.

5. Mental anda juga harus sudah siap. Banyak orang berpikiran kalau menghasilkan ribuan dollar atau jutaan Rp lewat internet itu seperti MAGIC.... Wush...abacadabra! dan ribuan dollar/Rp pun datang! Mana ada seperti itu! Akan ada saatnya anda merasa "frustrasi"..... "kenapa kok saya belum berhasil saja ya??" Anda keluar uang, tapi tidak menghasilkan... lalu anda menyerah! Itu SALAH.

Pada saat Anda merasa frustrasi, itu sebenarnya "TEMPORARY DEFEAT".... kalau Anda terus mengerjakan bisnis ini dengan rajin, evaluasi and belajar dari kesalahan, dan terus pada "track" yang benar... Anda bisa menimati sukses/pensiun kurang dari 5 tahun! Serius!

Jadi selain mental Anda sudah siap, Anda juga harus "COMMIT" sama bisnis Anda. Tidak perlu mengerjakan bisnis ini full time... tapi jadikan dulu saja part time... kerjakan paling tidak 1 hingga 2 jam setiap hari, dari senin sampai jum'at... hitung-hitung lembur! hehe...

6. Harus siap DANA. Banyak orang berpikiran, kita bisa dapat uang dari internet dengan GRATIS.TIS.. whoaa.. mana ada seperti itu... "It takes money to make money". Saya belum pernah mendengar ada orang menjadi "Kaya" dengan cara yang gratisan di Internet.

Memang kita bisa dapat dollar gratis lewat program seperti Google Adsense. Tapi kita akan tetap butuh banyak dana untuk terus belajar, untuk promosi, untuk akses internet, dan lain-lainnya.

Coba kita berfikir realistis! Jangankan untuk "International Bisnis", untuk sekolah SD saja kita harus bayar... betul? Kalau anda SERIUS ingin menghasilkan UANG melimpah dari internet dan mulai menikmati hasilnya dalam jarak 3 hingga 5 tahun... anda harus siapkan uang untuk invest. Makin besar yang anda invest kan, akan makin cepat dan makin besar hasilnya.

Selanjutnya tergantung bisnis mana yang mau anda pilih! Apakah investasi dana, menciptakan bisnis online sendiri, Affiliate, atau Network Marketing? Atau semuanya? :-)

Kalau anda mau memulai "Online Business", saya lebih menyarankan anda untuk memulainya dengan Network Marketing. Karena untuk Network Marketing ini anda tidak perlu "research" untuk belajar marketing juga tidak akan bekerja "sendiri"... serta potensi income Network Marketing biasanya "lebih menjanjikan".

SaLaM SuKsEs PeNuH SeMaNgAt.. :)

Joko Setiawan
wawanbiz at gmail dot com
eCerdas!com - Saluran Pipa Kekayaan Online

 

*) Kemalasan membuat seseorang begitu lamban sehingga kemiskinan segera menyusulnya

1 komentar:

azzaroin mengatakan...

yah cukup sederhana tapi memuat inti dari sebuah materi tentang persiapan memulai bisnis online.oke fren ntar saya tunggu posting berikutnya