Selasa, 14 Agustus 2007

Hebatnya Traffic Virus atau Viral Marketing

Hebatnya Traffic Virus atau Viral Marketing

oleh : Joko Setiawan

Viral marketing adalah konsep marketing yang meniru kerja virus komputer yang bisa bekerja sendiri. Menyebar dengan cepat dan secara otomatis menginfeksi jutaan komputer di seluruh dunia. Itulah sebabnya viral marketing juga di namai dengan "traffic virus".

Bedanya jika virus komputer sangat merugikan bagi pihak yang terkena, tapi viral marketing justru menguntungkan baik oleh orang yang menyebarkannya dan juga oleh orang yang terkena "virus" ini. Karenanya setelah orang tersebut mendapatkan sebuah produk, contohnya ebook secara gratis, ia pun akan dengan senang hati menyebarkannya lagi ke orang lain atau ke teman-temannya. Viral marketing atau traffic virus merupakan konsep "win win solution".

Ide dasar Viral Marketing adalah dengan mengijinkan orang lain untuk mengunakan produk Anda secara gratis dan selanjutnya pengguna produk Anda tersebut Anda perbolehkan atau kalau perlu Anda minta untuk memberikannya ke orang lain dan seterusnya secara berantai dengan maksud untuk melipatgandakan pemasaran Anda lebih cepat dan secara otomatis melalui internet.

Ide promosi di belakang viral marketing adalah dengan cara mengikutsertakan iklan Anda pada produk atau jasa Anda yang bisa dimiliki atau dipakai orang lain yang juga akan dengan senang hati akan menyebarluaskannya ke orang lain.

Dengan viral marketing promosi terjadi secara otomatis bahkan tanpa sepengetahuan Anda. Contoh Viral marketing adalah e-Books, e-post card, free stuff, free web hosting, reseller, affiliate, downline, software, software game, iklan baris jaringan, dan artikel.

Sampai saat ini konsep marketing 'traffic virus' atau viral marketing ini masih merupakan cara nomer satu, paling efisien dan paling efektif dalam pemasaran online di internet.

0 komentar: